SELAMAT DATANG DI BLOG INI

Kamis, 17 Januari 2013

SISTEM INFORMASI KASIR


SISTEM INFORMASI KASIR PADA RUMAH
SAKIT IBU DAN ANAK “SADEWA”



     Rumah Sakit Ibu dan Anak “Sadewa”merupakan yang berlokasi di wilayah Babarsari,Yogyakarta. Rumah sakit ini terdiri beberapa unit pelayanan,diantaranya yaitu:Unit
Tindakan,Laboratorium,Unit Obat,Layanan Periksa.Rumah sakit tersebut memiliki pasien banyak namun dalam system manajemen pendaftaran dan administrasi pembayaran masih masih menggunakan system pencatatan manual,dimana seluruh data-data mengenai pasien dicatat dan disimpan dalam buku-buku catatan rumah sakit dan proses pembayaran masih dicatat secara manual sehingga waktu yang diperlukan untuk pencarian data pasien dan perekapan administrasi pembayaran. Pada mulanya hal itu bukanlah suatu masalah bagi pihak rumah sakit,namun di saat jumlah pasien per harinya semakin banyak maka pihak rumah sakit saat inimulai merasa kewalahan dalam hal mengatur data-data mengenai pasien dan perekapan administrasi keuangan.

Konsep Permodelan Sistem

Flowchart
Flowchart adalah penggambaran secaara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suaatu program.Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang pengoperasian. Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut. Simbol-simbol Flowchart yang biasanya dipakai adalah symbol-simbol flowchart standart yang dikeluarkan oleh ANSI dan ISO.

Data Flow Diagram
Permodelan proses adalah cara formal untuk menggambarkan bagaimana bisnis beroprasi.
Mengilustrasikan aktifitas-aktifitas yang dilakukan dan bagaimana data berpindah di antara aktifitasaktifitas itu. Ada banyak cara untuk merepresentasikan proses model. Cara yang popular adalah dengan menggunakan data flow diagram (DFD). Ada dua jenis DFD, yaitu DFD logis dan DFD fisik. DFD logis menggambarkan proses tanpa menyarankan bagaimana mereka akan dilakukan, sedangkan DFD fisik menggambarkan proses model berikut implementasi pemrosesan informasinya. Untuk membaca suatu DFD kita harus memahami dulu,elemen-elemen yang menyusun suatu DFD. Ada empat elemen yang menyusun suatu DFD, yaitu:
1. Proses
Aktifitas atau fungsi yang dilakukan untuk alasan bisnis yang spesifik, biasa berupa manual maupun terkomputerisasi.
2. Data flow
Satu data tunggal atau kumpulan logis suatu data, selalu diawali atau berakhir pada suatu proses.
3. Data Store
Kumpulan data yang disimpan dengan cara tertentu. Data yang mengalir disimpan dalam store. Aliran data di-update atau ditambahkan ke data store.
4. External entity
Orang, organisasi, atau sistem yang berada di luar sistem tetapi berinteraksi dengan sistem.

Analisis Dan Perancangan

A. DAD SISTEM ADMINISTRASI & PENDAFTARAN PASIEN



B. FLOWCHART

C. DFD LEVEL 0

D. DFD LEVEL 1

Kesimpulan

Setelah melalui semua tahapan penelitian untuk merancang sebuah sistem informasi pendaftaran dan administrasi di Rs Sadewa telah melalui tahapan yaitu identifikasi masalah, analisis, perancangan, pengujian dan pemeliharaan sistem. Sedangkan sistem yang di bangun sudah mampu mempermudah proses pengolahan data untuk mendukung pelayanan pendaftaran dan administrasi di Rs Sadewa. Sistem yang telah selesai dibuat memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

1. Mampu mengolah data pasien, dokter, karyawan, pemeriksaan dan administrasi. Mampu di olah dengan lebih baik sehingga mempermudah dan meminimalkan waktu dan pekerjaan.
2. Mampu menghasilkan informasi yang berupa laporan data pasien, data pemeriksaan dan administrasi yang nantinya dijadikan acuan pertimbangan pengambilan keputusan oleh dokter atau pemilik rumah sakit Sadewa. Sistem pendaftaran dan administrasi ini dapat meningkatkan pelayanan kepada pasien, karyawan dan dokter terutama dalam pemprosesan pendaftaran, pemeriksaan dan administrasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar